Pencil Project

Friday, January 6, 2017


Pencil Project

Sedikit sejarah tentang aplikasi ini Pencil project adalah aplikasi open source untuk membuat desain UI (User Interface) dan tersedia untuk berbagai sistem operasi baik itu Linux, Windows, dan MacOS. Shape interface yang disediakan ada untuk web, GTK, native UI, sketchy GUI, Windows XP, Flowchart, Android ICS, iOS UI Stencils, dan iOS Wireframe.

Pencil project memiliki beberapa menu yaitu:

                1.      Pada menu Document terdapat new window ,new document, save , save as, load,                                  Export page as png, Export Document, Print dan exit.


2. Pada menu Edit terdapat undo, redo, cut, copy, paste, delete dan select all.


                3. Pada menu View terdapat Collection Pane, Hide Heavy Elements dan Fullscreen.


                    4. Pada menu Shape terdapat Group,Ungroup,Make same width,height, min width,min                   height, align left,right,top,bottom,middle, same horiz space dan same vert space.


                    5. Pada menu Tools terdapat Clipart Browser, Install new Collection, Manage Export Template, Developer Tools, dan Options. 


6. Pada menu Help terdapat About                                                      


dibawah ini merupakan tampilan awal dari aplikasi pencil project, terdapat layar putih untuk membuat user interface yang akan di bentuk.


pada kolom common shapes berguna untuk mebuat sebuah bentuk persegi maupun yang lainnya seperti pada gambar dibawah ini, disini juga kita bisa membuat text untuk tampilan pada layar.


pada kolom basic web element, disini kita dapat membuat tampilan sederhana pada sebuah web yang akan kita design. bisa mencantumkan alamat web, dan juga membuat menu pilihan pada web dll seperti gambar dibawah ini.


kolom dekstop GTK Widgets, kita bisa mendesign sebuah tampilan aplikasi sederhana. dimana aplikasi disini untuk sebuah personal computer (PC). 


bagian kolom dekstop native UI widgets kita dapat mendesign sebuah tampilan  aplikasi 
yang telah dikembangkan untuk digunakan pada platform tertentu atau perangkat. 


pada kolom dekstop sketchy GUI kita dapat mendesign masih sebuah tampilan aplikasi yang lebih lengkap dan detail. dimana fitur yang diberikan pada kolom ini banyak tidak seperti yang kolom dekstop sebelumnya.


pada kolom dekstop windows XP widgets kita dapat mendesign sebuah tampilan program yang berbasi windows XP, fitus yang tersedia standard seperti pada umumnya.


bagian kolom flowchart kita dapat membuat design atau gamabran alur kerja sebuah program yang akan dibuat, sehingga programmer dapat memahami dengan baik proses kerja dari sebuah program yang akan dia buat. fitur pada kolom ini sengat lengkap seperti gambar dibawah ini. 


pada menu mobile android ICS, kita dapat membuat tampilan pada sebuah gedget ataupun tablet yang berbasis android. disini kita membuat design tampilan sebuah aplikasi pada gedget ataupun tablet, fitur pada kolom ini sangat lengkap.

 

pada kolom mobile ios UI stencils, kita dapat membuat tampilan pada sebuah gedget ataupun tablet yang berbasis ios. karena tampilan pada ios dengan android sangat berbada. disini kita dapat mendesign tampilan aplikasi pada sebuah gedget ataupun tablet berbasi ios. fitur yang disediakan juga sangat lengkap.

 

pada kolom mobile ios wireframe kita dapat membuat tampilan aplikasi desktop pada personal computer yang berbasis ios, fitur yang disediakan cukup lengkap seperti halnya pada personal computer ios. karena tampilan aplikasi desktop ios dengan android berbeda.

 

contoh :
gambar dibawah ini salah satu contoh sederhana tampilan pada gedget ios, dimana tampilan pada gambar dibawah sebuah notifikasi yang muncul pada layar iphone.



Link Terkait :

http://stevenrenzou.blogspot.co.id/2013/12/tutorial-menggunakan-aplikasi-evolus.html








0 comments:

Post a Comment